Rabu, 15 Oktober 2008

Arsip-Arsip Kami

The Manba'ul Ullum University

Program baru: New Department

1. Pusat Hafalan Al-Quran dan Al-hadits
2. Pusat Inovasi, Riset dan Pengembangan Pendidikan International
3. Astro Fisika Terapan (Quantum Computer & Theory of Everything)

Arsip Blog


Yas’Alunaka Jilid 1

Tanya Jawab Lengkap Tentang Agama dan Kehidupan

Awalnya adalah Tanya jawab di sebuah radio Mesir yang di asuh oleh penulis buku ini. Berbagai orang, dari berbagai negara Arab dan Islam, mengirimkan pertanyaan mengenai apa saja yang berkaitan dengan agama, dari soal fiqih, usul fiqih, akidah, akhlak, AL-Qur’an dan Hadis sampai soal sejarah dan filsafat, dari masala-masalah mutaqaddim (Klasik) sampai masalah-masalah muta'akhkhir (Kontemporer). Menyadari bahwa penyebaran sekaligus pemeliharaan ilmu lewat tulisan jauh lebih baik ketimbang lewat lisan, tanya jawab tersebut kemudian dihimpun dan dibukukan.


Bersama:

Dr. Ahmad asy-Syarbashi

(Dosen Universitas al-Azhar, Cairo. Mesir)

Bagian I: Bersuci

Thaharah secara bahasa artinya bersuci atau menghilangkan kotoran. Adapun secara syar’i yang dimaksud ialah menghilangkan najis atau kotoran dengan air dan debu (tanah) yang suci lagi menyucikan dengan tata cara yang telah ditentukan oleh syari’at.

Bab thaharah selalu didahulukan dalam pembahasan-pembahasan fiqih karena thaharah (bersuci) merupakan salah satu syarat syahnya shalat, padahal kita tahu shalat adalah rukun dari rukun Islam setelah dua kalimat syahadat. Jadi, syarat (sahnya shalat) tentu harus didahulukan (pembahasannya) daripada yang disyaratkan (yaitu shalat).


Bagian II: Shalat

Shalat/ Sholat (Arab صلاة ) atau sering ditulis Salat (ejaan KBBI), merujuk kepada salah satu ritual ibadat pemeluk agama Islam.

Menurut syariat Islam, praktik shalat harus sesuai dengan segala petunjuk tata cara Rasulullah SAW sebagai figur pengejawantah perintah Allah. Rasulullah SAW bersabda, Shalatlah kalian sesuai dengan apa yang kalian lihat aku mempraktikkannya.


Bagian III Puasa / Shaum (Just Clik! ^_~ Ok!)



Puasa dalam agama Islam artinya menahan diri dari makan dan minum dan dari segala perbuatan yang boleh membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hinggalah terbenam matahari, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim. Perintah puasa difirmankan oleh Allah pada Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 183.

Berpuasa merupakan salah satu dari lima Rukun Islam. Terdapat puasa wajib dan puasa sunnah, namun tata caranya tetap sama.

Waktu haram puasa adalah waktu di mana umat Muslim dilarang berpuasa. Hikmah puasa adalah ketika semua orang bergembira, seseorang itu perlu turut bersama merayakannya.

Hari Raya Idul Fitri (1 Syawal)

Hari Raya Idul Adha (10 Zulhijjah)

Hari-hari Tasyrik (11, 12, dan 13 Zulhijjah)


Artikel Terkait:


Clik Nomornya ya! ^_^


1 2 3 4 5 6


*Mukadimah Sifat Puasa Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam



Bagian IV : Zakat


Bagian V: Haji


Bagian VI : Nikah


Bagian VII: Talak dan Idah


Bagian VIII: Muamlah dan Ekonomi


Bagian IX : Al-Qur’an Al-Karim


Bagian X : Hukum-Hukum Mayat


Bagian XI: Makanan dan Minuman


Bagian XII: Nabi SAW dan Hadisnya


Bagian XIII: Para Tokoh


Bagian XIV: Jihad dan Kekuatan


Bagian XV: Tasawuf


Bagian XVI: Orang Yahudi dan lain-lain


Bagian XVII: Lain-lain

Tidak ada komentar: