Kamis, 16 Oktober 2008

Profil FORSALIM

"Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang ( Qs. Al Hasyr : 10 )

"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)". ( Qs. Ali Imran : 8 )

Ya Allah, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi (Qs. Al Baqarah : 286)

(Do'a Mustajab dari kang Barkah)



Headline News Forsalim: Berita Hangat, Panas ampe Adem juga Dingin
Provide di Headline ini, ga percaya?
Di Spososri oleh:
Bank Impian FORSALIM dan FORSALIM Harapan Corporation

Manbaul Ullum Futsal Club





Surah Al-Baqoroh: 142-152


142. Now the fools will say: 'who has turned the Muslims from their Qibla on which they had been? Say you: 'East and West all belong to Allah; He guides whom He likes to the right path.

143. And thus We made you exalted among all nations that you may be witnesses to the people and this Messenger your guard and witness. And O, beloved! We had not made that Qibla upon which you had been before, but to see who follows the Messenger and who turns back upon his heals. And verily, indeed it was hard, but to those who were guided by Allah. And it does not behave Allah that He might waste your faith: Verily Allah is very Kind and Merciful to human beings.

143. We are seeing the turning of your face towards heaven repeatedly; necessarily then We will turn you towards that Qibla which pleases you. Turn your face towards the sacred mosque (Kaaba) just now; and O Muslims! Turn your faces towards the same, whenever you be. And those who; have been given the Book know necessarily, that this is the truth from their Lord, and Allah is not unaware of their doings.

144. And even if you should, bring every sign to those people of the Book, they would not follow your Qibla: And you follow not their Qibla; and they are not followers of each other Qibla among themselves too. And (O listener, whoever he may be) if you should follow their desires after the knowledge that has been given to you, then at that time, you shall surely be of the transgressors.

145. Those whom We gave the Book recognise this prophet as man recognises his sons and no doubt, a group of them conceal the truth knowingly.

146. (O Listener) It is the truth from your Lord (or the truth is that which is from your Lord) then beware! Doubt not.

147. And there is a direction of inclination for every one towards which, he turns his face; then desire that you may surpass others in good deeds. Wherever you be, Allah will bring you all together. No doubt, Allah has the power to do all that He wills.

148. And from where so ever you come forth turn your face towards the sacred Mosque (Kaaba) and that is necessarily, the truth from your Lord and Allah is not unaware of your doings.

149. And O beloved! When so-ever you come forth turn your face towards the sacred Mosque (Kaaba) And O Muslims! Turn your faces towards the same, wherever you be, so that people may have no argument against you, but those among them who do injustice, so fear them not and fear Me. And it is for this that I may perfect My favour upon you and that you may be rightly guided.

150. As We sent in you Messenger from among you, that he recites Our signs to you and purifies you and teaches you the Book and mature knowledge and teaches you that which you did not know.

151. Therefore remember Me, I shall remember you, and accept My right and do not be ungrateful to Me.

152. O Believers! Seek help with patience and prayer; no doubt, Allah is with the Patients.






Program Ramadhan Forsalim:

Internet television (Internet TV or iTV) is television distributed through the Internet. Internet television allows viewers to choose the show they want to watch from a library of shows. The primary models for Internet television are streaming Internet TV or selectable video on an Internet location, typically a website. The video can also be broadcast with a peer-to-peer network(P2PTV),which doesn't rely on single website's streaming.
It differs from IPTV in that IPTV offerings are typically offered on discrete service provider networks,requiring a special IPTV set-top-box.
Internet TV is a quick-to-market and relatively low investment service. Internet TV rides on existing infrastructure including broadband, ADSL, Wi-Fi, cable and satellite which makes it a valuable tool for a wide variety of service providers and content owners looking for new revenue streams.
Did You Know That FORSALIM TV is the First Dream Internet Television in Banjar?
Kita aza ga tahu kok.

PROFIL FORSALIM
www.forsalim.co.cc




Seuntai Tekad dan Harapan,

Seiring dengan berjalannya waktu, hari berganti hari, bulan berganti bulan dan berganti pula tahun menjadi tahun yang baru. Begitu pula dalam kepengurusan IRM MU (Ikatan Remaja Masjid Manbaul Ulum) SMA Negeri 1 Banjar yang tercintai ini. IRM MU merupakan sebuah keluarga (kedua setelah keluarga di rumah) yang sangat memberi arti dan saling mengisi serta memotivasi antarsesama anggota keluarganya. Ketika keluarga ini pun terpisah-pisah (ada yang ke Bandung, Jakarta, Purwokerto, Tasik, Ciamis, Bogor dan Jogja), maka ketika itu, hadirlah rasa kerinduan akan kehangatan, kerinduan akan berbagi tawa, canda, sedih, keluh kesah dan kerinduan akan sikap ridlo akan perjuangan dalam keluarga IRM MU itu.
Semburat cahaya matahari dari arah timur di kala Subuh, menetasnya telur menjadi seekor binatang yang lucu dan bermekarannya bunga-bunga mawar yang begitu indah menjadi sebuah inspirasi bagi anggota keluarga IRM MU yang telah terpisah untuk kembali memberikan cahaya (kebersamaan), untuk dapat menetaskan berjuta-juta ide gagasan dan untuk kembali menebarkan harum yang semerbak untuk pencapaian cita-cita yang tinggi. Maka pada tahun 2006 seluruh anggota keluarga IRM MU yang telah terpisah pun, kembali berkumpul dalam suasana yang sangat bahagia dan penuh kehangatan. Rasa Mahabbah yang sangat kuat dalam jiwa setiap anggota keluarga IRM MU ini harus tetap dijaga agar tidak luntur, maka haruslah ada sebuah ikatan yang semakin mengokohkan ikatan ini. FORSALIM, yang merupakan sebuah gagasan yang terlahir atas nama cinta, sebagai sebuah tekad dan sebagai sebuah cita-cita tinggi yang akan senantiasa mengokohkan ikatan ini.
Sama halnya dengan bayi, kini bayi FORSALIM pun baru berusia dua tahun. Belum terlalu nampak akan kehebatan atas apa yang sebenarnya bisa ia lakukan. Masih sama halnya seperti bayi yang belajar untuk merangkak berdiri dan berjalan bahkan berlari, FORSALIM pun masih harus banyak belajar kenapa ia lahir? Kenapa ia harus ada? Dan untuk apa ia ada? Akan tetapi yang harus disadari olehnya (oleh semua) bahwa ia lahir atas nama cinta, atas dasar kecintaan setiap hamba untuk dapat ber re-kreasi dan berkarya untuk sebuah cita-cita yang teramat tinggi. Sebuah cita-cita yang teramat agung dan teramat indah untuk tidak diperjuangkan, serta teramat indah untuk tidak dicintai. Itulah ISLAM. Semoga BENIH-BENIH CINTA ini dapat menerangi tempat yang gelap gulita, menebarkan harum yang semerbak dan memberikan manfaat yang nyata bagi setiap jiwa yang di dalamnya bersemayam setitik CINTA.

Cabinet’s Structure of FORSALIM ,,,

FORSALIM yang merupakan kependekan dari Forum Silaturahmi Alumni Ikatan Remaja Masjid Manbaul Ulum di SMA Negeri 1 Banjar ini, lahir atas dasar cinta dan kepedulian akan sebuah ikatan yang telah terjalin di kala masih duduk di bangku SMA. FORSALIM ingin mencoba membantu para pejuang yang masih bernaung di bawah panji IRM MU. Mencoba untuk berkontribusi, mencoba untuk memberikan arti dan saling memotivasi.

" Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh."
(Q.S. Ash Shaf : 4)



Sesuai dengan ayat di atas, maka FORSALIM pun berusaha untuk menata dan mengatur manajemen dakwah ini. FORSALIM yang pada periode pertama dikomandani oleh Kang Agus Haeruman (2004), sekarang tongkat komando pun telah dipegang oleh Jendri Irawan (2006). Sedangkan untuk Wakil Ketua diemban oleh Dian Rosdiana (2006), sekretaris Fitri Apriyani (2008) dan bendahara Aresti Wulansari (2007). Agar mempermudah kinerja FORSALIM itu sendiri, maka dibagilah beberapa divisi yang disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut divisi-divisi dalam FORSALIM :

1. Divisi Kaderisasi

Ini merupakan sebuah divisi yang bertanggung jawab untuk mengadakan mentoring bagi anggota IRM MU yang masih aktif. Mentoring diadakan dengan bertujuan untuk menumbuhkan rasa bangga menjadi seorang Muslim alias Proud be a Muslim. Selain itu, inipun bertujuan untuk mempererat ukhuwah di antara angota IRM MU itu sendiri dan tak ketinggalan ini merupakan sarana untuk menyeimbangkan antara intelektual dan spiritual. Divisi ini dikomandani oleh Erik Nurdiansyah (2005) dengan para pejuang yang akan senantiasa berada di belakangnya adalah Galih Rakasiwi ’05, Uman ’08, Rismaniar ’05, Sugi ’05, Ela ’08.

2. Divisi Diklat (Pendidikan dan Latihan)


Divisi ini merupakan sebuah solusi untuk bertanggung jawab untuk memberikan pelatihan atau training agar anggota IRM MU yang masih aktif memiliki skil, terutama dalam berorganisasi. Divisi ini dikomandani oleh Ridwan ’08, dengan para sesepuh yang selalu mendampingi dan membimbing ada Kang Agus Haeruman ’04, Ua alias Kang Supriatna ‘04 dan satu-satunya akhwat di sini yaitu Teh Ade Kokom ’04. SEMANGAT,,

3. Divisi Infokom (Informasi dan Komunikasi)

Vision & Motto

-"Trasform Information Become Wisdom"-

How to Transform Informations Be Knowledge, Knowledge Be a Power
and
a Power Become Wisdoms


I Informasi yang sangat berharga, tidak bermanfaat jika tidak dikelola dengan baik. Dengan adanya informasi, maka telah menjadi sunnatullah di sana akan terjadi komunikasi. Oleh karena itu, divisi ini menjadi solusi bagi terselenggarakannya pengelolaan informasi yang berkualitas. Berawal dari buletin, email, millist hingga website semoga menjadi salah satu jalan untuk memudahkan dalam berkomunikasi dan menyampaikan informasi. Konon katanya divisi ini adalah divisi yang paling banyak anggotanya tahun ini, yaitu divisi yang koordinatronya diemban oleh A Barkah ’05, yang selalu mendukung kerja-kerjanya adalah , Kang Dede Supriatna ’06, Kang Ngara ’04, Kang Ginanjar ’07, Kang Sandy Socrates ’08, Teh Indah ’04 dan Teh Ranni Kharismaya ’05, Kang Dian Hadiana '07, Kang Ricky Aji P. '07, Kang Riki '07, Kang Ricky Taufikurrahman '07, Kang Arif Nurrahman ’07, Kang Anton Timur J. '08.

Program Kami

1. Pengelolaan Web Site yang Optimal
2. Membangun Fasilitas VoIP
3. Membangun Fasilitas Radio dan TV Edukasi Manbaul Ulum
4. Membangun Sarana Internet agar mudah diakses oleh seluruh Umat

Capaian Divisi Infokom Selama Satu Tahun Ini.

1. Telah Mendirikan:


School of Electrical Engineering and Informatics EECS at MU


-"MENCERDASKAN UMAT"-

School of Electrical Engineering and Informatics
EECS at MU
Electrical Enginering & Computer Sciences IR&D Center
at Manbaul Ullum University

Visi
Menjadi Pusat Pelatihan dan Pembelajaran ICT Cyber Terdepan
Misi

1. Unggul dalam Pendidikan ICT untuk pendidikan dasar dan menengah
2. Pusat Riset, Innovasi dan Pengembangan ICT
3. Teknologi Tepat guna dalam bidang ICT
4. Pusat data dan penganalisaannya

4. Divisi Ekonomi

Merupakan sesuatu yang tidak dapat dielakkan, bahwa dalam setiap kegiatan diperlukan dana untuk mendukungnya. Selain iuran dari anggota, FORSALIM pun berusaha untuk dapat mencukupi kebutuhannya dengan membentuk divisi ini yang merupakan solusi terbaik untuk mendapatkan pemasukan dana dari hasil usaha dan atau apapun bentuknya (yang pasti halal). Kegiatannya bisa mengadakan bazar saat kegiatan-kegiatan di SMA ataupun di Banjar. Untuk yang menjadi direktur divisi ekonomi ada Kang Sandi ’06, dan para stafnya di belakang ada Kang Gumilar ’03, Kang Candra ’03, Teh Ceni ’03, Teh Dahlia ’04 dan Teh Wulan ’07.

5. Divisi PSDU (Pengembangan Sumber Daya Umat)

Divisi ini bertanggung jawab untuk dapat memberikan kontribusi yang baik kepada anggota FORSALIM dan IRM MU (khususnya) dan seluruh umat muslim (umumnya). Dalam pengembangan sumber daya ini dapat dijalankan pada beberapa bidang, antara lain keilmuan, kesenian dan lain-lain. Selain itu, menyelenggarakan bakti sosial dengan sasaran yang tepat dan kondisional. Pemimpin dari divisi ini adalah Kang Ari Tanri ’03 dan yang selalu membantu ada Kang Syarif Hidayat ’08, Teh Larasti ’07 dan Teh Listia Dewi ’08.

6. Divisi Kemuslimahan

Ini wilayahnya para ‘muslimah’ , sungguh Allah itu telah mengistimewakan sosok seorang wanita. Dengan diutusnya Rasulullah SAW, maka di kala itu kaum wanita dibebaskan dari segala ketidakadilan yang terjadi saat itu. Banyak sekali peranan seorang muslimah dalam sejarah perjuangan, yang salah satunya adalah istri beliau sendiri, Khadijah r.a. Oleh karena itu, divisi ini bertanggung jawab untuk mengoptimalisasikan peranan muslimah untuk senantiasa mendukung jalannya dakwah. Kegiatan yang diselenggarakan antara lain kajian, dan training khusus muslimah only. Koordinator dari divisi muslimah ini adalah (yang pasti bukan ikhwan) Teh Seli Dewi Lestari ’06, dan yang akan terus mendukung perjuangan ada Teh Winda ’07, Teh Nenden ’08 dan Teh Alifa N. Syifa ’08.

Sungguh, dengan perjuangan yang didasari atas nama cinta dan dengan adanya barisan yang kokoh seperti halnya yang difirmankan oleh Allah SWT pada Q.S. Ash Shaff ayat 4 di atas, maka besar harapan bahwa cita-cita itu kan dapat tercapai. Sungguh Allah-lah yang akan selalu melindungi dan akan selalu menolong hamba-Nya yang berjuang menegakkan kalimat Tauhid. Dalam Q.S. Al Hajj ayat 40 berikut,

"(yaitu) orang-orang yang Telah diusir dari kampung halaman mereka tanpa alasan yang benar, kecuali Karena mereka berkata: "Tuhan kami hanyalah Allah". dan sekiranya Allah tiada menolak (keganasan) sebagian manusia dengan sebagian yang lain, tentulah Telah dirobohkan biara-biara Nasrani, gereja-gereja, rumah-rumah ibadat orang Yahudi dan masjid- masjid, yang di dalamnya banyak disebut nama Allah. Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa,"

“Tiada setetes yang lebih disukai Allah 'Azza wajalla daripada setetes darah di jalan Allah.” (HR. Ath-Thahawi)

Kewajiban dari FORSALIM hanyalah untuk menanam benih-benih kebaikan, dengan mencari bibit unggul yang baik, menanam di lahan yang terbaik dan diberi pupuk terbaik secara baik pula. Maka hasil dari menanam ini biarlah Allah yang menentukan karena kita yakin bahwa sesuatu yang telah diperjuangkan dengan perjuangan terbaik pasti akan mendapatkan hasil perjuangan yang terbaik pula. Sungguh, yang Allah lihat hanyalah proses perjuangan bukan hasil dari perjuangan, karena hasil perjuangan adalah hak Allah Yang Maha Mengetahui Segala Yang Terbaik bagi setiap pejuang terbaik.
Wallahu’alam bishshawwab ,,,

Kang Jendri Irawan

Ketua FORSALIM
Periode 2008-2010

Tidak ada komentar: