Jumat, 14 Januari 2011

Lomba Pidato Bahasa Jepang bagi Siswa SLTA Tahun 2011

JAKARTA, KOMPAS.com — The Japan Foundation bekerja sama dengan Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Menengah serta Kementerian Pendidikan Nasional menggelar Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat SMA 2011. Penyelenggaraan lomba yang memasuki tahun kesepuluh ini dibagi menjadi dua tahapan, yaitu tingkat daerah dan nasional.

Humas The Japan Foundation Diana S Nugroho dalam siaran persnya di Jakarta, Jumat (14/1/2011), mengatakan, lomba tingkat daerah akan dilaksanakan 22-30 Januari 2011 di delapan wilayah musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) bahasa Jepang SMA. Delapan daerah itu meliputi Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, serta Sulawesi Utara. Kegiatan ini dilaksanakan MGMP di setiap wilayah.

Sementara untuk tingkat nasional, lomba digelar pada Sabtu (19/2/2011) di Auditorium RRI Jakarta. Diana menjelaskan, peserta lomba ini diambil dari 13 pemenang lomba tingkat daerah.

"Selain hadiah berupa sertifikat, empat pemenang lomba tingkat nasional ini akan dicalonkan untuk mengikuti program kunjungan ke Jepang," ujarnya.


Panduan Lomba Pidato Bahasa Jepang

Pada Lomba Pidato Bahasa Jepang bagi Mahasiswa dan Umum Tingkat Daerah Jabodetabek Tahun 2010, Dewan Juri memberikan komentar yang di dalamnya berisi panduan mengenai hal-hal apa saja yang penting untuk diperhatikan dalam mengikuti Lomba Pidato Bahasa Jepang, bahkan juga hal-hal yang dinilai dalam Lomba Pidato Bahasa Jepang.

Panduan tersebut bukan hanya bermanfaat bagi para Mahasiswa, tapi juga bagi para pelajar SLTA yang mengikuti Lomba Pidato Bahasa Jepang.

Meski waktu telah berlalu, informasi dan panduan yang penting tersebut kini dapat kita miliki.

Download Komentar Ketua Dewan Juri Lomba Pidato Bahasa Jepang bagi Mahasiswa dan Umum Tingkat Daerah Jabodetabek Tahun 2010

Tingkatkan kemampuanmu untuk mengikuti Lomba Pidato Bahasa Jepang selanjutnya ! ! !

*Ketua Dewan Juri Lomba Pidato Bahasa Jepang bagi Mahasiswa dan Umum Tingkat Daerah Jabodetabek Tahun 2010 adalah Mr. Hasegawa yang juga menjabat sebagai Kepala Jakarta Japanese School (JJS) di Jakarta

Lomba Pidato Bahasa Jepang bagi Siswa SLTA Tahun 2011
2011年度高校生日本語弁論大会

Kegiatan lomba pidato atas kerjasama The Japan Foundation, Jakarta dengan Direktorat Pembinaan SMA, Ditjen. Manajemen Dikdasmen, Kementerian Pendidikan Nasional akan dilaksanakan untuk ke-10 kalinya pada tahun 2011.

Lomba akan dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu :
1. Lomba Pidato Tingkat Daerah (地方大会)
Lomba ini dilaksanakan di 8 wilayah MGMP Bahasa Jepang SMA (Sumbar, Sumut, Jabodetabek, Jabar, Jateng & D.I. Yogyakarta, Jatim, Bali dan Sulut) dalam bulan Januari 2011. Kegiatan ini dilaksanakan oleh MGMP di masing-masing wilayah (koordinasi dengan kantor dinas pendidikan setempat)

Berikut ini jadwal dan tempat pelaksanaan Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Daerah Tahun 2011:
Wilayah TanggalTempat
Sumatera Utara 22 Januari 2011 SMA Al Wasliyah, Medan
Sumatera Barat 16 Januari 2011 SMAN 3 Padang
Jabodetabek 29 Januari 2011 SMAN 112 Jakarta
Jawa Barat 16 Januari 2011 SMAN 10 Bandung
Jawa Tengah & D.I.Yogyakarta 23 Januari 2011
SMA Kesatrian 1 Semarang
Jawa Timur 30 Januari 2011 MAN Tambak Beras Jombang
Bali 22 Januari 2011 Kandis Pendidikan, Pemuda & Olahraga, Prov. Bali, Denpasar
Sulawesi Utara 21 Januari 2011 SMAN 2 Manado


2. Lomba Pidato Tingkat Nasional(全国大会)
Kegiatan lomba pidato ini akan dilaksanakan pada:

Waktu : Sabtu, 19 Februari 2011
Pkl. 10.00 s/d selesai
Tempat : Auditorium RRI Jakarta

Peserta: 13 orang Pemenang Lomba Pidato tingkat daerah dari 8 wilayah MGMP Bahasa Jepang (Sumut, Sumbar, Jabodetabek, Jabar, Jateng & DIY, Jatim, Bali dan Sulut)

Lembaga Kerjasama:
1. Subdit Kesiswaan, Direktorat Pembinaan SMA, Kementerian Pendidikan Nasional
2. Radio Republik Indonesia (RRI)
Lembaga/Perusahaan Pendukung:
1. Ritsumeikan Asia Pacific University (APU)
(Website : http://admissions.apu.ac.jp ) (Facebook: APU-ina)
2. PT. Panasonic Manufacturing Indonesia
3. PT. Asuransi MSIG Indonesia
4. PT. Hoyu Indonesia
5. Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.
Menurut rencana sebagian dari kegiatan ini akan disiarkan oleh pihak RRI dan siarannya dapat ditangkap di beberapa wilayah di Indonesia.
Selain mendapat hadiah berupa sertifikat dan barang, 4 (empat) orang pemenang lomba pidato tingkat nasional ini juga akan dicalonkan untuk Program Kunjungan ke Jepang dari the Japan Foundation Japanese Language Institute, Kansai dan Japanese Speech Award (JSA).



Sumber:

1. Kompas

2. Japan Foundation

Tidak ada komentar: