Kamis, 20 Oktober 2011

The Manbaul Ulum University

IQRO 



The Manbaul Ulum University ini mengimplementasikan kurikulum integral. Kurikulum integral The MU ini adalah suatu kurikulum berisikan uraian bidang studi terdiri atas kelompok "ilmu akal" (kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional) dan "ilmu wahyu" (kurikulum Islami) yang disajikan secara kait-berkait menjadi satu kesatuan secara utuh dan menganut sistem "long life education" Disebut "ilmu akal" karena manusia dalam memperoleh ilmu-ilmu tersebut melalui potensi daya pikir dan menggunakan metode tertentu terhadap obyek kajiannya. 

Dinamakan "ilmu wahyu" karena cara memperolehnya hanya bersandar kepada informasi berdasarkan otoritas syariat yang diberikan berdasarkan Al-Quran dan As-Sunnah. 

 ~Prophetic Education~ 

Para Pendiri The Manbaul Ulum University, pada awal pembangunan Universitas ini telah mengkaji berbagai lembaga pendidikan terunggul dan maju di seluruh dunia, khususnya yang sesuai dengan sistem pendidikan islami dan lembaga pendidikan pencetak manusia-manusia unggul di seluruh dunia. 

Di Mesir terdapat Universitas al-Azhar yang terkenal dengan keabadiannya. Al-azhar bermula dari sebuah masjid yang didirikan oleh Penguasa Mesir dari Daulah Fatimiyyah. Universitas ini telah hidup ratusan tahun dan telah memiliki harta wakaf yang mampu memberi beasiswa kepada siswa dari seluruh dunia. 

Di Mauritania terdapat Pondok Syanggit. Lembaga pendidikan ini harum namanya berkat kedermawanan dan keikhlasan para pengasuhnya. Syanggit adalah lembaga pendidikan yang dikelola dengan jiwa keikhlasan; para pengasuh mendidik murid-murid siang-malam serta menanggung seluruh kebutuhan santri. 

Di India terdapat Universitas Muslim Aligarh, sebuah lembaga pendidikan modern yang membekali mahasiswanya dengan ilmu pengetahuan umum dan agama serta memjadi pelopor revival of Islam. 

Di India juga terdapat perguruan Santiniketan, didirikan oleh Rabindranath Tagore, seorang filosuf Hindu. Perguruan yang dikenal dengan kedamaiannya ini berlokasi di kawasan hutan, serba sederhana dan telah mampu mengajar dunia. 

Di Inggris terdapat Oxford & Cambridge University 

Di Amerika terdapat MIT, Stanford, Berkley, Harvard University 

Di Jepang terdapat Tokyo University & Tokyo Institute of Technology 

Di Korea terdapat KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technology) & Seoul National University 

Di China terdapat Tsing Hua University & Harbin Institute of Technology 

Di Arab terdapat King Abdullah University of Science and Technology (KAUST) dan King Fahd University of Petroleum and Minerals (KFUPM) 

Di Paris France, terdapat The University of Paris Sorbonne & ParisTech, Institut des sciences et technologies de Paris 

Berbagai lembaga pendidikan tersebut menjadi idaman para pendiri The Manbaul Ulum University, karena itu mereka hendak mendirikan lembaga pendidikan yang merupakan sintesa dari berbagai lembaga pendidikan di atas. 

"Harmonisasi Ilmu Langit dan Ilmu Bumi"

Insha Allah.

Tidak ada komentar: