Jumat, 07 Mei 2010

School of Electrical Engineering and Computer Science at Manbaul Ulum University

-"MENCERDASKAN UMAT"-

School of Electrical Engineering and Informatics
EECS at MU
Electrical Enginering & Computer Sciences IR&D Center
at Manbaul Ullum University


Visi
Menjadi Pusat Pelatihan dan Pembelajaran ICT Cyber Terdepan
Misi

1. Unggul dalam Pendidikan ICT untuk pendidikan dasar dan menengah
2. Pusat Riset, Innovasi dan Pengembangan ICT
3. Teknologi Tepat guna dalam bidang ICT
4. Pusat data dan penganalisaannya

Staf Pendidik.

Barkah Firdaus (Ko.)

Ginanjar F.M. & Dian Hadiana

Sandi Socrates

Agus Haeruman

Ngara

Dede Supriatna

Indah

Rani Kharismaya

Ricky Taufikurrahman

Riki

Ricky Aji P.

Arip Nurahman

Anton Timur J.

Wendy Afriza

Teknologi RT/RW-net

From SpeedyWiki


Gambaran umum teknologi RT/RW-net dapat dilihat pada gambar. Beberapa Alternatif topologi maupun kunci peralatan yang perlu diperhatikan, adalah,


Beberapa teknik yang perlu di kuasai adalah

Gambaran Umum RT/RW-net

Topologi RT/RW-net
Topologi RT/RW-net

Tampak pada gambar adalah topologi sebuah RT/RW-net sederhana. Sebuah gateway yang beroperasi 24 jam, dapat menggunakan sambungan Wireless ke ISP, atau sambungan lainnya seperti ADSL Speedy dll. melalui Ethernet yang tersambung ke LAN semua rumah di RT/RW tersebut di sambungkan ke jaringan komputer.

Secara bisnis, hitungan yang digunakan sebetulnya sangat sederhana. Pada tahun 2005, harga sambungan ke Internet sekitar Rp. 4 juta / bulan untuk akses 24 jam kecepatan 64Kbps. Dengan menyambungkan 20 rumah di sebuah RT/RW maka setiap rumah akan memperoleh akses 24 jam ke Internet dengan membayar minimal Rp. 200.000 / rumah / bulan. Tentunya dengan menambahkan sedikit uang di atas uang iuran akan mencukupi bagi penyelenggara jaringan di RT/RW tersebut.

Di tahun 2010, akses Internet 24 jam bisa di peroleh dengan biaya Rp. 200.000-an / bulan. Hal ini memungkinkan RT/RW-net seharga Rp. 30-50.000,- / bulan jika di sharing ke beberapa rumah / tetangga.

Jarak titik yang akan di sambungkan merupakan sumber sakit kepala dalam mengimplementasikan jaringan RT/RW-net. Dalam jaringan LAN di kantor atau WARNET implementasinya lebih mudah karena hanya membutuhkan kabel yang di sambungkan di dalam ruangan.

Sebuah kabel UTP biasanya hanya cukup reliable untuk jarak 100-150 meter, kita perlu memasang hub sebagai uplink untuk repeater kabel UTP untuk menempuh jarak yang jauh. Betul, teknik ini bukan teknik yang baik untuk memperoleh performance yang baik dari jaringan. Sialnya, teknik ini adalah teknik paling murah untuk membangun jaringan RT/RW-net.

Bagi mereka yang mempunyai nyali, anda dapat menggunakan kabel drop wire telkom agar kabel UTP dapat menempuh jarak 1 km-an. Caranya sederhana sekali, seperti kita tahu hanya pin 1,2,3 & 6 digunakan pada kabel UTP. Ke empat pin tersebut di perpanjang menggunakan kabel drop wire telkom yang warna hitam itu untuk menempuh jarak 1 km. Dengan cara ini maka instalasi jaringan RT/RW-net dapat lebih murah.


KosKosan-Net dan turunannya

Keberadaan RT/RW-net yang murah memicu tumbuhnya Kos-kosan-Net dan berbagai turunannya. Ini menjadi menarik bagi mereka yang ingin akses Internet murah di rumah / kos-kos-an, khususnya para mahasiswa :)) ..

Isi

Lain Lain

Komunitas RT/RW-net

Referensi

Buku

  • Onno W. Purbo, "Infrastruktur Wireless Internet Kecepatan 11-22Mbps", Penerbit Andi 2003.
  • Onno W. Purbo, "Buku Pegangan Internet Wireless dan Hotspot", Elexmedia Komputindo 2005.
  • Onno W. Purbo, "Panduan Praktis RT/RW-net", Infokomputer 2007.

Pranala Menarik

Sumber:

Bpk. Onno W, Purbo, MN.Sc., Ph.D.

Tidak ada komentar: