Minggu, 12 Juli 2009

Yuk Berwirausaha



Menjadi Entrepreneur Muslim

Islam dan Kewirausahaan

Subur *)

Penulis adalah Magister Agama (M.Ag.),
dosen di Jurusan Tarbiyah (Pendidikan) STAIN Purwokerto.

Abstrak:

Pendidikan mental entrepreneurship belum banyak mendapat perhatian masyarakat, meskipun kondisi objektif sebenarnya telah memaksa masyarakat melihat ini sebagai alternatif. Islam adalah agama kerja karena relevan dengan entrepreneurship ini. Islam banyak menjelaskan tentang kerja keras dan dalam sejarah umat Islam dan banyak bersentuhan dengan kegiatan berdagang. Oleh karena itu, sebenarnya Islam sangat konsen dan apresiatif terhadap aktivitas berdagang yang merupakan jiwa entrepreneurship. Hal yang penting adalah praktisi pendidikan harus memberikan ruang yang kondusif pada masyarakat agar jiwa/mental entrepreneurship dapat tumbuh dan berkembang menjadi bagian penting dalam hidupnya dan dapat menjadi pilihan dalam beraktivitas. Mengingat karakteristik dalam entrepreneurship adalah bekerja dengan sungguh-sungguh, maka di samping melakukan upaya yang bersifat kerja nyata juga tidak kalah penting, menurut logika orang beragama untuk memperhatikan hal yang bersifat non teknis; meningkatkan kualitas spiritual adalah upaya yang sangat penting dilakukan. Keyword : Entrepreneurship, Pendidikan kewirausahaan, mental kewirausahaan.



Kidpreneur: Ajari Anak Berwirausaha Sejak Dini
Oleh: Ibu Eni Setiati
Synopsis

Akan ke manakah anak-anak setelah lulus sekolah menengah atas? Melanjutkan ke bangku pendidikan pergurun tinggi? Itu bukan alternatif yang murah, apalagi saat ini. Selain itu, bukan rahasia bahwa banyak sarjana yang menganggur, kesulitan mendapat pekerjaan. Ada alternatif yang bisa dipilih, yaitu mengarahkan anak ke dunia kewirausahaan. Hal itu bisa dilakukan sejak dini di keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat. Bahkan, sebaiknya memang diajarkan langsung oleh orangtua dengan mengajak anak mengolah kemampuan diri dan melibatkan mereka dalam kegiatan bisnis. Buku ini mengupas cara melatih anak menjadi wirausaha sesuai dengan minat dan usia mereka. Dilengkapi dengan 15 Kiat Bisnis bagi Anak, 7 Formula Bisnis untuk Anak, dan Rahasia Sukses Wirausaha Tulen, buku ini akan membantu orangtua akan membekali anak dengan ilmu kewirausahaan sejak dini. Ayo, ajari anak berwirausaha dan bantu mereka menciptakan masa depan yang leboh cerah.

Menjadi Seorang Wirausahawan Muslim

Maka menjadi wirausaha-pun insyaallah bisa menjadi wasilah atau jalan untuk mendekatkan diri kepadaNya sebagaimana diperintahkan dalam Al-Quran : “Wahai orang-orang yang beriman ! bertakwalah kepada Allah dan carilah wasilah (jalan) untuk mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah (berjuanglah) di jalan-Nya agar kamu beruntung”. (QS 5 :35).

Karena berjihad dalam arti perang melawan musuh-musuh Allah seperti yang dilakukan oleh saudara-saudara kita di Palestina melawan penjajah Yahudi yang merampas dan mengusir mereka dari negerinya belum menjadi kesempatan kita saat ini, berjuang melawan kemiskinan yang diciptakan oleh musuh yang sama bisa menjadi pilihan kita untuk mendekatkan diri kita kepada Allah.

Maka pada kesempatan ini saya ingin mengajak sebanyak-banyaknya saudaraku se iman untuk rame-rame berjuang membebaskan umat ini dari kemiskinan, keterpurukan dan ketertindasan ekonomi. Sebanyak-banyaknya kita lahirkan entrepreneur muslim yang Qowiyyun Amin sehingga insyaallah di Akhirat kelak kita bisa menjadi orang-orang yang bertanya (QS 74 : 39-42) dan bukan orang-orang yang ditanya (QS 74 : 43-47).

Sumber:
1. Kidpreneur
2. geraidinar.com

Tidak ada komentar: